Javascript required
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

How to Open Csv File in Excel With Columns

Unduh PDF

Unduh PDF

Berkas (file) comma-separated value (CSV) adalah berkas yang memuat data tabel yang ditampilkan dalam format plain text (teks yang tidak ditulis atau diformat secara komputasi), seperti kontak surel (surat elektronik atau email). Walaupun berkas CSV bisa dibuka menggunakan banyak program, seperti program penyunting teks, sebaiknya buka berkas tersebut memakai program spreadsheet, seperti Microsoft Excel, OpenOffice Calc, atau Google Sheets. Untuk membuka berkas CSV, Anda harus mengeklik opsi "Open" pada menu "File", memilih berkas CSV, dan menyetel pengaturan delimiter jika data tidak ditampilkan dengan tepat. Langkah-langkah yang tertulis di artikel ini bisa dipakai di Google Sheets. Akan tetapi, Anda harus mengunggah (upload) terlebih dahulu berkas CSV ke server Google. Oleh karena itu, pastikan data tertulis dan tersimpan dengan rapi.

  1. 1

    Jalankan Microsoft Excel di komputer.

  2. 2

    Klik menu "File" dan pilih opsi "Open". Menu ini berada di bagian atas kiri jendela. Mengekliknya akan membuka jendela tempat memilih berkas yang tersimpan di komputer.

    • Anda juga bisa menekan tombol Ctrl + O (untuk Windows) atau menekan tombol Cmd + O (untuk Mac) untuk membuka jendela Open.
  3. 3

    Pilih berkas CSV dan klik tombol "Open". Berkas akan dibuka dan ditampilkan di spreadsheet Microsoft Excel yang baru.

  4. 4

    Klik tab "Data" untuk mengakses jendela wizard "Text to Columns" (opsional). Microsoft Excel bisa memproses data dengan lebih baik jika seluruh teks yang termuat di berkas CSV disimpan di dalam sebuah kolom. Tab "Data" berada di bagian atas menu bar dan akan menampilkan berbagai opsi spesifik untuk pengaturan data.

    • Apabila Anda ingin membagi kolom-kolom tertentu, klik dan tarik kursor untuk menyoroti kolom yang ingin dipisahkan.
  5. 5

    Klik opsi "Text to Columns". Opsi ini adalah salah satu opsi yang tersedia di tab "Data". Mengekliknya akan membuka jendela wizard "Text to Columns".

  6. 6

    Klik opsi "Delimited" dan klik tombol "Next." Delimiter berfungsi untuk mengatur batas antara data-data yang terkandung di berkas teks, seperti koma dalam contoh yang tertulis di artikel ini.[1]

  7. 7

    Centang boks "Comma" dan klik tombol "Finish." Seluruh teks yang sebelumnya dipisahkan oleh koma akan diletakkan di kolom individual yang berbeda.[2]

  1. 1

    Unduh (download) dan buka OpenOffice Calc. Pilih sistem operasi (operating system) komputer pada menu turun (drop-down) dan klik tombol "Download". Jalankan penginstal (installer) dan pilih program Open Office yang ingin dipasang pada komputer. Untuk membuka berkas CSV, Anda hanya membutuhkan OpenOffice Calc.

    • OpenOffice adalah perangkat lunak (software) yang bisa diperoleh secara gratis.
  2. 2

    Klik menu "File" dan pilih opsi "Open." Menu ini berada di bagian atas kiri jendela. Mengekliknya akan membuka jendela tempat memilih berkas yang tersimpan di komputer.

  3. 3

    Pilih berkas CSV dan klik tombol "Open". Setelah itu, berkas akan dibuka pada program OpenOffice Calc.[3]

  4. 4

    Klik menu "Data" dan pilih opsi "Text to Columns" (opsional). Apabila OpenOffice Calc tidak membagi data dengan tepat, Anda bisa mengatur sendiri delimiter untuk memperbaikinya.[4] Menu "Data" berada di bagian atas menu bar.

    • Apabila Anda ingin membagi kolom-kolom tertentu, klik dan tarik kursor untuk menyoroti kolom yang ingin dipisahkan.
  5. 5

    Pilih opsi "Separate By". Opsi ini berada di bagian "Separator Options".

  6. 6

    Centang boks "Comma" dan klik tombol "OK". Setelah itu, seluruh teks yang sebelumnya dipisahkan oleh koma akan diletakkan di dalam kolom individual yang berbeda.[5]

  1. 1

    Buka situs web (website) Google Sheets pada peramban (browser) dan masuk (sign in) ke akun Google. Masukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) dan klik tombol "Selanjutnya" (Next).

    • Google Sheets bisa digunakan secara gratis. Akan tetapi, Anda harus memiliki akun Google untuk memakainya. Apabila Anda tidak memiliki akun Google, klik tombol "Buat Akun" (Create Account) dan ikuti instruksi yang muncul pada layar untuk membuat nama pengguna dan kata sandi akun Google.
    • Google Sheets juga bisa diakses secara langsung dari Google Drive.
  2. 2

    Klik tombol "Buka pemilih file" (Open File Picker). Tombol ini berbentuk ikon folder dan berada di bagian atas kanan laman (page). Mengekliknya akan membuka jendela "Buka file" (Open a File).

  3. 3

    Klik tab "Upload". Mengekliknya akan membuka tab tempat mengunggah berkas CSV.

  4. 4

    Tarik dan letakkan berkas CSV di tab Upload. Setelah itu, batang yang menginformasikan proses pengunggahan akan muncul pada layar.

    • Anda juga bisa mengeklik tombol "Pilih file dari komputer Anda" (Select file to upload) yang berada di bagian tengah jendela "Buka file" dan mencari berkas CSV yang tersimpan di komputer.
  5. 5

    Tunggu hingga berkas CSV selesai diunggah. Berkas akan dibuka secara otomatis oleh Google Sheets ketika selesai diunggah.

    • Proses ini mungkin akan menghabiskan waktu beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada ukuran berkas.
    • Google Sheets akan memisahkan secara otomatis seluruh data yang termuat di berkas CSV dengan delimiter koma. Dengan demikian, teks yang sebelumnya dipisahkan oleh koma akan diletakkan di kolom individual yang berbeda.

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 25.686 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

How to Open Csv File in Excel With Columns

Source: https://id.wikihow.com/Membuka-Berkas-CSV